selamat datang di blog Aulina Dwi ..
mohon comentarnya ya ..
terima kasih ..

Selasa, 22 Februari 2011

produk susu

SUSU

Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia betina. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. Susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia.

  
SEJARAH SUSU
Pada zaman dahulu, susu telah dipakai sebagai bahan pokok pangan manusia. Manusia mengambil susu dari hewan yang memiliki kelenjar susu, seperti sapi Di Timur Tengah, susu bahkan terfermentasi menjadi keju oleh para pengembara gurun di sana, kuda dan domba. Sapi dan domba mulai dijinakkan sejak 8000 SM untuk diambil daging, bulu dan susunya.  Diperkirakan susu mulai masuk ke dataran Eropa pada abad 5000 SM melewati daerah Anatolia. Sementara, susu mulai masuk ke Inggris pada periode Neolitik.

Gizi untuk manusia

Di beberapa bangsa, terutama bangsa Eropa, meminum susu telah menjadi kebiasaan yang lumrah dilakukan setiap sarapan. Susu terus diproduksi dengan cara mendirikan peternakan sapi perah. Pada zaman ini, susu tidak hanya diminum, melainkan diubah bentuknya menjadi margarin, yogurt bahkan es krim. Susu pun terus dikembangkan seiring dengan kemajuan zaman. Di Eropa, industri susu sangat maju dalam hal teknologi dan kualitas susu itu sendiri. Susu-susu yang diproduksi di Eropa, rata-rata mengandung kandungan gizi yang tinggi. Ini sangat baik bagi kesehatan dan pertumbuhan kita. Hal ini yang menyebabkan, tinggi rata-rata orang Eropa jauh dari tinggi rata-rata orang Asia. Susu mengandung banyak sekali kalsium yang dapat menguatkan tulang.

Syarat susu yang baik

Saat masih berada di dalam kelenjar susu, susu dinyatakan steril. Namun, apabila sudah terkena udara, susu sudah tidak bisa dijamin kesterilannya. Adapun syarat susu yang baik meliputi banyak faktor, seperti warna, rasa, bau, berat jenis, kekentalan, titik beku, titik didih, dan tingkat keasaman.
Warna susu bergantung pada beberapa faktor seperti jenis ternak dan pakannya. Warna susu normal biasanya berkisar dari putih kebiruan hingga kuning keemasan. Warna putihnya merupakan hasil dispersi cahaya dari butiran-butiran lemak, protein, dan mineral yang ada di dalam susu. Lemak dan beta karoten yang larut menciptakan warna kuning, sedangkan apabila kandungan lemak dalam susu diambil, warna biru akan muncul.
Susu terasa sedikit manis dan asin (gurih) yang disebabkan adanya kandungan gula laktosa dan garam mineral di dalam susu. Rasa susu sendiri mudah sekali berubah bila terkena benda-benda tertentu, misalnya makanan ternak penghasil susu, kerja enzim dalam tubuh ternak, bahkan wadah tempat menampung susu yang dihasilkan nantinya. Bau susu umumnya sedap, namun juga sangat mudah berubah bila terkena faktor di atas.
Berat jenis air susu adalah 1,028 kg/L. Penetapan berat jenis susu harus dilakukan 3 jam setelah susu diperah, sebab berat jenis ini dapat berubah, dipengaruhi oleh perubahan kondisi lemak susu ataupun karena gas di dalam susu. Viskositas susu biasanya berkisar antara 1,5 sampai 2 cP, yang dipengaruhi oleh bahan padat susu, lemak, serta temperatur susu.
Titik beku susu di Indonesia adalah -0,520 °C, sedangkan titik didihnya adalah 100,16 °C. Titik didih dan titik beku ini akan mengalami perubahan apabila dilakukan pemalsuan susu dengan penambahan air yang terlalu banyak karena titik didih dan titik beku air yang berbeda.
Susu segar mempunyai sifat amfoter, artinya dapat berada di antara sifat asam dan sifat basa. Secara alami pH susu segar berkisar 6,5–6,7. Bila pH susu lebih rendah dari 6,5, berarti terdapat kolostrum ataupun aktivitas bakteri.


1. MENTEGA
 Mentega adalah ialah produk makanan susu, dibuat dengan mengaduk krim yang didapat dari susu. Biasanya digunakan sebagai olesan roti dan biskuit, sebagai perantara lemak di beberapa resep roti dan masakan, dan kadang-kadang bahan untuk menggoreng. Pengganti mentega ialah margarin, yang biasanya lebih murah, dan memiliki sedikit lemak dan kolesterol.
 
Orang sering keliru dengan margarin dan mentega karena tampilannya hampir sama. Namun sesungguhnya bahan yang banyak dipergunakan untuk membuat kue ini berbeda. Apa perbedaannya?

Margarin sendiri terbuat dari lemak nabati atau tumbuh-tumbuhan dan mengandung air dan garam. Karena itu jika memakai margarin sebaiknya jangan menambahkan garam lagi.
Margarin banyak dijual dalam kemasan mangkuk atau bungkusan plastik dalam berbagai ukuran. Tidak seperti mentega, margarine mudah sekali lembek saat dikocok.
Sedangkan mentega merupakan lemak yang memberikan rasa gurih sekaligus aroma wangi pada kue. Terbuat dari lemak susu sapi dan berwarna kuning pucat.
Di pasaran dijual mentega dengan rasa asin (salted) dan tawar (unsalted). Jika memakai rasa tawar bisa ditambahkan sedikit garam, jika perlu. Sebaliknya jika memakai yang asin tidak perlu ditambahkan garam lagi. Mentega akan lumer jika ditaruh dalam suhu ruangan.
Agar mudah dikocok sebelum dipakai sebaiknya biarkan beberapa saat pada suhu ruangan. Kini juga terdapat mentega yang terbuat dari lemak nabati dengan aroma mentega. Harga mentega relatif mahal dan dijual dalam berbagai merk di pasar swalayan atau toko bahan kue.


 2. Yoghurt
 Yoghurt atau yogurt, adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk susu kacang kedelai. Tetapi produksi modern saat ini didominasi susu sapi. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat, yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan bau yang unik pada yoghurt. Yoghurt sering dijual apa adanya, bagaimanapun juga rasa buah, vanilla atau coklat juga populer.

Untuk menggunakan yogurt dalam perawatan kecantikan, pilih yogurt polos (plain) dan tanpa rasa (unflavored). Di samping itu, perhatikan pula kandungan lemak di dalam yogurt.
Jika tipe kulit Anda kering, sebaiknya pilih yogurt yang mengandung lemak asli untuk menutrisi. Namun, jika tipe kulit Anda berminyak atau kombinasi, lebih baik memilih yogurt tanpa lemak (nonfat).
Nah, berikut ini adalah sejumlah resep perawatan kulit dengan yogurt yang dapat Anda coba:

Melembapkan kulit
Bahan-bahan:
1. 23 sendok makan plain yogurt
2. 2 sendok makan wortel parut

Cara membuat:
Campurkan kedua bahan tersebut, kemudian aplikasikan ke wajah, leher, dan bagian lain yang Anda inginkan. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih. Terapkan setiap hari selama seminggu. Hasilnya, kulit terasa lebih halus dan kenyal.

Pencerah kulit
Bahanbahan:
1. 2 sendok makan plain yogurt segar
2. 1 sendok makan jus jeruk

Cara membuat:
Campurkan kedua bahan tersebut, kemudian oleskan pada wajah. Bilas setelah 15 menit. Aplikasikan pelembap ke atas kulit dan jangan lupa memakai tabir surya. Sebab, kandungan alpha hydroxy acids (AHAs) pada jeruk, membuat kulit peka terhadap cahaya.

Pembersih wajah
Bahanbahan:
1. 1/4 mentimum (cincang, jangan dikupas)
2. 1/8 kentang (cincang, jangan dikupas)
3. 1 sendok teh soda kue
4. 1 butir telur
5. 1/4 cangkir plain yogurt

Untuk kulit berminyak, bahan-bahannya sama dengan yang di atas, tapi:
1. Gunakan yogurt tanpa lemak
2. Tambahkan 2 sendok teh jus jeruk
3. Tambah soda kue menjadi 2 sendok makan
4. Gunakan putih telur saja, singkirkan kuning telurnya

Cara membuat:
Masukkan mentimun dan kentang ke dalam blender, hancurkan dengan kecepatan sedang selama 20 detik. Tambahkan sisa bahan dan campur pada kecepatan rendah selama satu menit. Lembapkan wajah dengan air hangat, lalu aplikasikan pembersih tersebut menggunakan lap dalam gerakan melingkar lembut. Bilas wajah dengan air hangat, diikuti dengan membilasnya dengan air dingin.

Gunakan yogurt secara konsisten paling sedikit tiga kali dalam seminggu, untuk mendapatkan hasil yang nyata. (LI/OL06)


3. ES KRIM
 Es krim adalah sebuah makanan beku dibuat dari produk dairy seperti krim (atau sejenisnya), digabungkan dengan perasa dan pemanis. Campuran ini didinginkan dengan mengaduk sambil mengurangi suhunya untuk mencegah pembentukan kristal es besar. Tradisionalnya, suhu dikurangi dengan menaruh campuran es krim ke sebuah wadah dimasukkan ke dalam campuran es pecah dan garam. Garam membuat air cair dapat berada di bawah titik beku air murni, membuat wadah tersebut mendapat sentuhan merata dengan air dan es tersebut.
Meskipun istilah es krim sering digunakan untuk menunjuk ke "dessert" beku dan makanan ringan, tapi sebenarnya digunakan unuk menunjuk ke "dessert" beku dan makanan ringan yang terdiri dari lemak susu. Banyak negara, termasuk Amerika Serikat, membatasi penggunaan istilah tersebut berdasarkan kuantitas dari bahan dasar makanan tersebut.
Es krim modern komersial terbuat dari campuran bahan di bawah ini:
  • 10-16% lemak susu
  • 9-12% milk solids-not-fat: komponen ini, juga dikenal dengan serum solids, mengandung protein (casein dan whey protein) dan karbohidrat (laktosa) ditemukan dalam susu
  • 12-16% pemanis: biasany kombinasi dari sukrosa dan/atau pemanis sirup corn berdasarkan-glukosa
  • 0.2-0.5% stabilizer dan emulsifiers e.g., agar atau carrageenan diambili dari rumput laut
  • 55%-64% air yang berasal dari susu padat atau bahan lainnya

Bikin es krim sendiri ternyata mudah, tidak harus menggunakan mesin pembuat es krim  (Eismaschine)
Bahan Dasar
475 ml  Sahne (cream/kepala susu)
125 ml  Susu cair (atau bisa juga santan kelapa)
4  butir telur
100 ml  gula (lebih bagus lagi kalau feiner Zucker / gula halus)
1 sendok teh vanilli
Rasa
Terserah Anda (apokat, coklat/Blockschokolade, Erdbeer/strawberry, pisang, etc.).
contoh : 1 buah apokat
Alat
blender
freezer / Gefrierfach, Gefriertrühe
panci kecil
wadah es krim
kompor

Cara Pembuatan
Adonan 1
Apokat diblender, kemudian ditaruh ke dalam panci. Masukkan Sahne dan susu/santan. Seluruhnya dipanaskan pelan-pelan sambil terus diaduk (Elektroherd : angka 2). Jika sudah panas (gelembung udara mulai naik), panci diturunkan.
Adonan 2

Telur (kuning+putihnya), gula, dan vanili diblender (dikocok). Lalu dituangkan ke dalam panci berisi adonan 1.

Semuanya kemudian dipanaskan lagi, sambil diaduk terus hingga mengental.

Setelah kental, dituangkan ke dalam wadah es krim (rantang atau sejenisnya) ditaruh ke dalam kulkas (Kühlschrank) selama 3-4 jam.

Setelah itu dipindahkan ke dalam freezer (Gefrierfach), setiap 1 jam diaduk, supaya tidak terjadi pengkristalan es. Setelah 3-4 kali pengadukan ( = 3..4 jam) menurut pengalaman tidak perlu lagi diaduk. Jika es krim yang jadi terlalu keras/liat, sebaiknya 10 menit dikeluarkan sebelum disantap.

Selamat Mencoba



4. SUSU KENTAL MANIS
 
Susu kental, atau lebih umum susu kental manis, adalah susu sapi yang airnya dihilangkan dan ditambahkan gula, sehingga menghasilkan susu yang sangat kental dan dapat bertahan selama satu tahun bila tidak dibuka. Susu kental manis sering ditambahkan pada hidangan penutup, pada umumnya kue. Di Rusia, susu kental manis dikenal sebagai "cгущёнка" (sguschyonka).


 DLL ..

sumber  :
http://id.wikipedia.org/wiki/
http://www.wonosari.com/t3401-bedanya-margarin-menteg
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/02/02/203973/263/113/Resep_Kulit_Cantik_Berkat_Yogurt
http://resep0.tripod.com/ 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar